Tips Memilih Broker Saham Untuk Pemula

Penting gak sih broker saham itu?

Jawabannya ya. Pialang saham atau biasa juga disebut sekuritas saham adalah perusahaan yang menjadi perantara kita di lantai bursa efek Indonesia.  Jadinya nanti anda juga berarti akan menjadi nasabah mereka, sama seperti nasabah bank. Yang artinya sejumlah uang yang anda punya untuk bermain saham akan dipegang oleh broker saham tersebut. Bayangin aja kalau anda punya 1 Milyar atau lebih, terus tiba-tiba brokernya melarikan diri? Enak?

Kan enggak..haha..Makanya jangan remehkan step pemilihan broker yang satu ini. Ntar anda sudah capek capek untung trading saham eh tiba-tiba uangnya ga bisa dicairin, perusahaannya gulung tikar atau sialnya dana anda tadi malah diselewengkan semua.

Sebenarnya ada beberapa daftar broker saham terbaik indonesia yang sudah dirilis oleh situs investorjalanan.com dan mayoritas saya setuju karena juga sudah menggunakan beberapa dari mereka (BNI Sekuritas contohnya), dan juga teman teman investor saham yang lain juga sudah pernah memakainya (Indo Premier Securities, Panin Sekuritas, dll) dan sejauh ini mereka punya komentar positif soal legalitas perusahaan, komisi trading yang murah, dan pelayanan yang menyenangkan.

Saya mungkin langsung to the point saja, ada beberapa indikator yang harus anda temukan dari pialang saham anda

  • Harus resmi terdaftar di otoritas jasa keuangan Indonesia. Urusan legalitas ini penting, karena nanti kita bisa mengadu ke OJK jika ada hal-hal mencurigakan. Kalau sekuritas saham anda tidak terdaftar maka semua resiko ada ditangan anda, jangan komplain kalau uang anda diselewengkan 🙂
  • Trading fee nya kompetitif. Ini juga penting mengingat kebanyakan pemain saham adalah sifatnya trading, jadi sering keluar masuk saham. Dan nanti takutnya keuntungan anda tergerus banyak oleh komisi broker tersebut, lebih baik cari yang murah deh, pialang yang bukan plat merah juga bisa asalkan sudah resmi terdaftar legalitasnya.
  • Punya platform trading online. Ini tentunya untuk memudahkan anda dalam melakukan transaksi jual beli saham melalui internet. Jadi nantinya anda tinggal menginstal software trading online tersebut di komputer atau laptop dan selanjutnya anda bisa trading di bursa efek Indonesia tiap hari dari mana saja asal ada koneksi internet.
  • Ramah, ga cuek, dan mau menjawab kalau ditanya tentang rekomendasi saham. Ini sih sesuatu yang ekstra sebenarnya hehe..dan kita juga sebagai investor jangan ngarep banget lah mereka jadi stock picker kita. Yang penting asalkan mereka responsif, mau membantu kesusahan anda nanti saat ada masalah itu sudah cukup.

Semoga tipsnya bermanfaat ya!!